Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Teori Asam Basa Secara Umum

Kita sering menemukan rasa asam atau pahit dalam pemenuhan kebutuhan seharihari, misal buah-buahan dan air sabun. Ketika kita makan buah-buahan kita merasakan adanya asam sedangkan ketika kita mandi, tanpa sengaja meminum air sabun, kita merasakan adanya basa yaitu ditandai adanya rasa getir di lidah. Asam dan basa juga dapat kita jumpai dalam obat-obatan, produk makanan, pertanian maupun industri. Pada artikel kali ini kita akan membahas materi teori asam dan basa secara umum. Untuk pembahasan secara lengkapnya akan kami sediakan link submaterinya dibagian paling bawah.

Asam dan basa sudah dikenal sejak jaman dahulu. Istilah asam berasal dari bahasa Latin "asamus" yang berarti masam, yang melihat keadaan beberapa asam yang berbau sangat tajam dam rasanya yang masam. Asam disebut juga dengan acid yang berasal dari bahasa latin "acetum" yang berarti cuka. Sedangkan basa berasal dari bahasa arab "alkali" yang berarti abu.

Cuka berasa masam karena merupakan larutan asam asetat. Jus lemon berasa asam karena mengandung asam sitrat. Susu dapat berubah menjadi asam ketika basi karena terbentuknya asam laktat, dan bau asam yang tidak enak seperti bau mentega timbul akibat terbentuknya asam butirat dari lemak yang membusuk. Basa bersifat sebaliknya, berasa pahit, licin dan dapat menetralkan asam. Basa digunakan dalam pembuatan sabun. Juga sudah lama diketahui bahwa asam dan basa saling menetralkan. Bagaimana Asam dan Basa dari sudut pandang beberapa ilmuwan lebih lanjut? Apa pengaruh teori-teori tersebut pada pemahaman sifat asam dan basa?

Submateri yang akan kita bahas yang berkaitan dengan teori asam dan basa yaitu :
*). Teori Asam Basa Arhenius
*). Teori Asam Basa Bronsted-Lowry
*). Teori Asam Basa Lewis
*). Indikator Asam Basa
*). Derajat Dissosiasi ($\alpha$) Asam Basa
*). Tetapan Kesetimbangan Air ($K_w$)
*). Kekuatan Asam dan Basa.

Demikian pembahasan materi Teori Asam Basa Secara Umum dan contoh-contohnya. Untuk mempelajari secara lebih lengkap, sialhkan teman-teman mengikuti link yang diberikan di atas atau juga bisa melihatnya di bagian artikel terkait di bawah setiap materi. Semoga materi ini bermanfaat. Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Teori Asam Basa Secara Umum"