Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

 Tulis Artikel dan dapatkan Bayaran Tiap Kunjungan Rp 10-25 / kunjungan. JOIN SEKARANG || INFO LEBIH LANJUT

Jenis-jenis Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik adalah gangguan yang merambat melalui material atau zat yang dinamakan medium. Ketika gelombang mekanik merambat pada medium, partikel-partikel penyusun medium itu mengalami perpindahan (pergeseran) dan pergeseran ini bergantung pada sifat gelombang yang melaluinya.
Gambar 1. Gelombang pada dawai yang digoyang membentuk gelombang transversal
Pada Gambar 1, mediumnya berupa dawai atau tali yang teregang. Jika ujung kiri dawai digoyang sedikit ke atas, maka goyangan itu akan merambat sepanjang tali. Secara berurutan, bagian-bagian dawai mengalami gerak yang sama seperti yang diberikan pada ujung dawai.
Pada gelombang ini pergeseran medium (tali) tegak lurus terhadap arah rambat gelombang. Gelombang yang terjadi pada dawai dinamakan gelombang transversal. 
Gambar 2: Slinki di hentakan mendatar menghasilkan rapatan dan regangan
Pada Gambar 2, mediumnya berupa slinki yang dapat bergerak bebas di ujung kiri. Jika slinki itu digerakkan satu kali bolak-balik, maka akan terbentuk regangan dan rapatan.
Pada saat itu partikel-partikel medium bergerak bolak-balik searah dengan perambatan gelombang. Gelombang yang terjadi dinamakan gelombang longitudinal.
Contoh gelombang yang telah diuraikan di atas memiliki tiga sifat yang sama. Pertama, dalam setiap kasus gangguan itu merambat dengan laju tertentu. Laju ini dikenal sebagai laju gelombang, dengan simbol v. Laju ini ditentukan oleh sifat-sifat mekanik medium. Kedua, mediumnya sendiri tidak berjalan. Akan tetapi, partikel-partikel medium bergerak bolak-balik di sekitar posisi kesetimbangannya. Ketiga, untuk membuat sistem bergerak, kita harus memberikan energi dengan cara melakukan kerja mekanik pada sistem tersebut. Gerak gelombang ini membawa energi dari satu tempat ke tempat lain.

Posting Komentar untuk "Jenis-jenis Gelombang Mekanik"